LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PELAYANAN
PRIMA
DI UD TIARA TOSERBA
DisusunOleh:
MOCHAMMAD
UMAR
NIS. 2778/38.121
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SUNAN DRAJAT LAMONGAN
YAYASAN PONDOK PESANTREN
SUNAN DRAJAT
BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN
2016
HALAMAN PERSETUJUAN
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PELAYANAN
PRIMA
DI UD
TIARA TOSERBA
DisusunOleh:
MOCHAMMAD
UMAR
NIS. 2778/38.121
Banjarwati,............. 2016
Telah disetujui dan diterima
baik oleh:
Pembimbing,
LUQMANUL HAKIM
Mengetahui
:
Ketua Kompetensi Keahlian
Pemasaran
MOKHAMAD RASAD,SE.MM
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PELAYANAN
PRIMA
DI UD
TIARA TOSERBA
Disusun Oleh:
MOCHAMMAD
UMAR
NIS.2778/38.121
Telah di presentasikan dan dipertahankan
di depan Penguji
Pada tanggal : ………………….2016
Penguji 1 Penguji
2
(.................................) (……………………..)
Mengesahkan:
Kepala Sekolah,
Drs. SARGONO, MPd
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL......................................................................................i
HALAMAN
PERSETUJUAN......................................................................ii
HALAMAN
PENGESAHAN.......................................................................iii
KATA
PENGANTAR..................................................................................iv
DAFTAR
ISI................................................................................................v
DAFTAR GAMBAR....................................................................................vi
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Prakerin..............................................................1
B.
Pengertian
Prakerin......................................................................2
C.
Tujuan Dan
Manfaat Prakerin......................................................2
D.
Sistematika Penulisan Laporan....................................................3
BAB
II PROFIL DU/DI/INSTANSI
A.
Sejarah / GambaranUmum Perusahaan / Industri......................... 6
B.
Struktur Organisasi Dan PembagianTugas............................. 8
C.
Bidang Pekerjaan/ Garapan.................................................... 9
BAB
III TEMUAN
A. Ruang Lingkup Pekerjaaan....................................................... 10
B. Pemilihan Topik.......................................................................... 13
C. Kajian
Pustaka...........................................................................13
D.
Pembahasan..............................................................................14
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................15
B. Saran.........................................................................................16
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR
PUSTAKA..................................................................................
SURAT
KETERANGAN MAGANG........................................................
BIODATA
SISWA PESERTA PRAKERIN............................................
CATATAN
KEUANGAN........................................................................
FOTO-FOTO
PRAKERIN/LAMPIRAN .................................................
LEMBAR BIMBINGAN
LAPORAN.......................................................
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang serta rasa syukur kehadirat Illahi Rabbi yang
mana atas segala nikmat, taufiq dan hidayahNya saya dapat menyelesaikan penyusunan Laporan
ini.
Shalawat serta salam semoga tetap terhaturkan kepada Nabi
besar Muhammad SAW, Nabi akhir zaman.
Dengan terselesainya penyusunan laporan PRAKERIN penyusun
menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggitingginya kepada yang
terhormat :
1. Prof.
DR. KH. ABDUL GHOFUR, selaku pemangku sekaligus ketua Yayasan Pondok Pesantren Sunan
Drajat Lamongan.
2. Bapak.
Drs. SARGONO, SE, selaku Kepala Sekolah SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN beserta stafnya
yang telah memimpin lembaga dengan baik,
3. Bapak Drs.H.SURYAT.selaku
Pemilik USAHA DAGANG TIARA GROUP yang
telah banyak memberikan tenaga, waktu, pikiran dan waktunya dalam rangka penyelesaian
laporan ini,
4. Bapak LUQMANUL HAKIM selaku
Pembimbing yang telah memberikan kesempatan
kepada penyusun untuk menyelesaikan
tugas laporan prakerin
5. Kedua
ORANG TUA yang selalu berdo’a semoga anaknya dapat meraih cita-citanya,
6. Semua
pihak yang tentu tidak dapat disebutkan namanya satu persatu yang telah memberikan
dukungan dan dorongan semangat
Semoga amal para beliau selalu diterima dan diberikan balasan
oleh Allah dengan balasan yang berlipat.Amin yarobbalalamin.
Selanjutnya penyusun menyadari laporan ini jauh dari sempurna.
Oleh karena itu munculnya saran dan kritik konstruktif dari pembaca yang
budiman sangat diharapkan.
Akhirnya besar harapan penyusun semoga Laporan ini dapat bermanfaat
bagi penulis khususnya dan pembaca semua umumnya.
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang prakerin
Setiap
siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja.
Karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh
pihak DU/DI, oleh karena itu diadakan suatuprogram pendidikan system ganda
(PSG) yaitu dengan melaksanakan praktek kerja industry (PRAKERIN) agar setiap
siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki
dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai
dengan hasil pengamatan dan penelitian direktorat pendidikan menengah
kejurusan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan
tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi
pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang
professional karena keahlian professional seseorang tidak semata mata diukur
oleh penguasaan unsure pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi
dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik.
Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan
lapangan kerja (industry/ perusahaan atau instansi tertentu) yang secara
bersama sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan.
Dengan
demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari
tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.
B.Pengertian PRAKERIN
Praktek
kerja industry (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan
Keahlian
professional yang memadukan secara sistematik dan singkron program pendidikan
disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan
nekerja langsung didunia kerja, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian
professional tertentu.
C. Tujuan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN)
Penyelenggaraan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk:
1. Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan lapangan.
2. Memperkokoh
keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara sekolah dan dunia kerja.
3. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
professional.
4. Memberikan
pengetahuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses pendidikan.
C. Sistematika
Penulisan Laporan
1. BAGIAN AWAL
v Halaman
sampul
v Halaman
judul
v Halaman
persetujuan
v Halaman
pengesahan
v Kata
Pengantar
v Daftar
Isi
v Daftar Gambar
2. BAGIAN INTI
BAB I PENDAHULUAN
v
Latar belakang PRAKERIN
v
Pengertian PRAKERIN
v
Tujuan dan Manfaat PREAKERIN
v
Sistematika penulisan
laporan
BAB II PROFIL
DU/DI/INSTANSI
v
Sejarah/gambaran umum
perusahaan/industri
v
Struktur organisasi dan
pembagian Tugas
v
Bidang Pekerjaan /
Garapan
BAB III TEMUAN
v Ruang lingkup Pekerjaan
v Pemilihan Topik
v Kajian Pustaka
v Pembahasan
BAB IV PENUTUP
v Simpulan
v Saran
v Pemecahan
Masalah
3. BAGIAN AKHIR
v DAFTAR PUSTAKA
v LAMPIRAN
BAB
II
PROFIL DU/DI/ INSTANSI
A. Sejarah/Gambaran
Umum Pengusaha/Industri
Sebelum Tahun 1998 bulan Maret Bapak suryat selaku
pemilik usaha dagang ingin mendirikan sebuah toko yang menyediakan peralatan
masyarakat yang belum ada didaerah trersebut contohnya foto copy, peralatan
kantor dan pada tahun 1998 bulan Maret berdirilah sebuah toko yang hanya
menyediakan foto copy, peralatan kantor dan poultri yang bertempat di Desa
kranji.
Dan pada tahun 25 oktober 2002 tokonya dipindah di
Banjaranya, setelah pindah usaha dagang merambah ke perternakan dan berternak
dengan jumlah 2000 ekor ayam. dan tokonya merambah lagi ke kosmetik, Obat-obatan
dan pada tahun 2006 bertambah lagi menjual pakaian, sepatu, sandal, dan
peralatan rumah tangga dll.
Dan selang beberapa tahun pada tahun 2007 usaha di bidang
poltri mengalami kerugian. dan pada tahun 2009 usaha perternakan kembali lagi
seperti semula.selang beberapa waktu usaha foto copy di berhentikan pada tahun
2011, karena banyak bermunculan usaha
fotocopi yang lebih canggih dan yang berjalan hanya dibidang poltri perternakan
dan toserba.
Pada tahun 2013 dibukaklah sanggar fitnes, salon, senam
dan membuka konsultan Perternakan dan semua usaha itu berjalan sampai sekarang,
berjalan dengan lancar.
B. Organisasi dan
Pembagian Tugas
C. Bidang Pekerjaan /
Garapan
TIARA GROUP adalah gabungan dari beberapa usaha
Contoh:
1.
Toserba Tiara
2.
Poultri
3.
Fitnes
4.
Salon
5.
Senam
6.
Perternakan
Jadi UD TIARA GROUP ini memiliki berbagai macam usaha
yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.Tapi dibidang usaha Toserba juga
melayani pelanggan dengan harga secara grosir maupun secara eceran.Disini juga
menyediakan pesanan.
BAB
III
TEMUAN
Di UD TIARA TOSERBA, penulis di tempatkan di bagian
pemasaran, di sini penulis mengerjakan pendisplayan, melayani pelanggan,
pelabelan, cek barang, stock opname, k3lh, dan di sana juga di terapkan
kedisiplinan dan kejujuran.
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Kompetensi
|
1.
|
Display barang
|
Mendisplay barang adalah menata barang yang baru di
keluarkan dari gudang dan di tempatkan tempat pendisplayan, sebelum di
display terlebih dahulu barang di ceck dan beri harga (labeling)
|
2.
|
Labeling
|
Labeling adalah kegiatan untuk memberi harga pada barang
sebelum barang itu di display, tujuannya agar memudahkan pembeli untuk
mengetahui harga barang itu.
|
3.
|
Stock opname
|
Stock opname adalah kegiatan untuk mengececk barang
yang ada di toko bertujuan untuk mengetahui jumlah barang yang ada di toko.
|
4.
|
K3LH
|
Yang biasa di terapkan di UD Tiara Toserba adalah
kebersihan, pada pagi hari sebelum di buka biasannya kami bersih-bersih dulu,
bertujuan agar saat pembeli membeli barang merasa nyaman.
|
5.
|
Banded
|
Bended adalah membendeli suatu barang yang baru di
keluarkan dari gudang sebelum di display. Banded di lakukan pada barang
tertentu saja, seperti barang yang berbentuk renceng.
|
6.
|
Menyetok barang
|
Menyetok barang adalah menyimpan kembali barang setelah
display karena tempat display yang sudah penuh dan berang yang di keluarkan
dari gudang masih ada.
|
7.
|
Mengeck barang
|
Mengececk barang adalah kegiatan yang di lakukan
sebelum kegiatan mendisplay barang yang baru datang dari supplier.
|
8.
|
Pelayanan
Prima
|
Pelayanan prima adalah kegiatan melayani
customer dengan baik, sopan dan menanggapi konflik dari customer dengan bijak
dan baik.
|
9.
|
Ceck nota
|
Ceck nota adalah kegiatan mengececk barang dari
supplier, yang bertujuan untuk mengetahui barang yang datang, apakah sama
dengan barang yang kita pesan.
|
10.
|
Retur barang
|
Retur barang adalah kegiatan mengembalikan barang yang
rusak atau exp, yang berada pada rak display, ke kantor untuk di kembalikan
ke supplier dan di ganti barang yang baru.
|
11.
|
Packing
|
Packing adalah kegiatan mengemas barang agar terlihat
lebih rapi, menarik dan lebih mudah untuk di bersihkan, sebelum di display.
|
12.
|
Mengisi barang yang kosong
|
Mengisi barang yang kosong adalah kegiatan untuk
mengambil barang dari gudang dan kemudian di display di rak display untuk
mengisi tempat yang kosong di rak display.
|
Uraian Kegiatan Prakerin
Kegiatan
praktek kerja industri ( PRAKERIN ) kami melakukan mulai hari senin tanggal 29
Agustus 2016 sampai tanggal 20 November 2016. Setiap hari saya berangkat dari
pondok ke tempat magang jam 07.00 dan
pulang jam 15.00 kecuali hari jum’at dan hari minggu.
Sesampai di tempat kerja saya membersikan tempat kerja sebelum memulai
aktivitas.
Di
UD. TIARA Group saya di tempatkan di
bagian untuk melayani pembeli, Labeling, mendisplay barang, meretur barang, stock opname
dll. Selain itu setiap pagi saya K3LH dan menata
barang agar barang telihat rapi dan bersih.Jika ada barang yang datang saya
juga ikut mengecek barang.
Di sana
juga diajarkan kerja (4as)adalah
kerja keras
kerja ihklas
kerja cerdas
dan
kerja tuntas
dan yang penting lagi adalah juga kedisiplina,kejujuran dan kesopanan dalam
bekerja.
Pemilihan topik
Permasalahan yang terjadi :
Kurangnya pelayanan prima terhadap pelanggan pada UD. Tiara Toserba
Kajian pustaka
pelayanan prima adalah salah satu usaha yang dilakukan
perusahaan untuk melayani pembeli (pelanggan) dengan sebaik-baiknya, sehingga
dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta
keinginan pelanggan, baik yang berupa produk barang atau jasa.
Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan
perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, baik pelanggan
didalam perusahaan maupun diluar perusahaan.
Secara sederhana, pelayanan prima (excellent service)
dapat diartikan sebagai suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan
kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu
pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Pelayanan yang memenuhi standar
kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan
pelanggan/masyarakat.
Pembahasan
Cara melayani pelanggan
adalah dengan cara menerapkan 4as yaitu :
Kerja
cerdas : adalah sikap dalam bekerja yang pandai memperhitungkan risiko maupun
melihat peluang dan dapat mencari soslusi mencapai keuntungan yang diharapkan
Kerja
keras : adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh sungguh tanpa mengenal
lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakanatau
memperhatikan kepuasan hasil setiap kegiatan yang dilakukan
Kerja
ikhlas : adalah bekerja dengan bersungguh sungguh dan menghasilkan ssesuatu
yang baik serta dilandasi dengan hati yang tulus
Kerja
tuntas : adalah bahwa didalam bekerja kita mampu mengorganisasikan bagian usaha
secara terpadu dari awal sampai akhir untuk dapat menghasilkan usaha sampai
selesai dengan maksimal
Dengan diterapkanya hal hal
diatas maka usaha dagang tiara dapat mencapai tujuan sesuai yang diinginkan
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama kurang
lebih 3 bulan yang bermulai pada tanggal 19 September 2016 s/d 17 November 2016
di UD. Tiara Group banyak hal-hal yang baru yang bermanfaat bagi penyusun untuk kedepannya.
Hal-hal
yang dapat bermanfaat selama melaksanakan Prakerin UD. Tiara Group yaitu:
Siswa dilatih disiplin soal waktu.
Siswa mampu bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan.
Siswa dapat merasakan hambatan-hambatan dalam melakukan pekerjaan sehingga siswa juga dilatih kesabaran.
Siswa dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja untuk bekal pada saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
Siswa dapat mengetahui dan mengenal UD. TIARA Group
6.
Siswa dapat menerapkan teori yang didapat dari sekolah, di lingkungan kerja atau tempat Prakerin.
Saran
Setelah melakukan prakerin di UD. Tiara Group, maka dalam rangka meningkatkan kualitas Prakerin di UD. Tiara Group saya menyarankan pada:
Instansi
Lebih sopan untuk melayani pembeli / pelanggan dan sabar
dalam menghadapi pembeli yang kurang sabar.
2. Peserta Prakerin
Bila dalam melakukan pekerjaan ada keraguan hendaknya kita bertanya kepada pembimbing kita di DU/DI ataupun Karyawan bersangkutan supaya lebih paham dan tidak salah dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Dalam melakukan pekerjaan hendaknya kita selalu berkonsentrasi, teliti,dan cermat dalam pekerjaan tersebut.
Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya agar tidak terbuang sia-sia dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan pekerjaaan.
3. Sekolah
Untuk lebih mengutamakan waktu sesuai dengan jadwal pemberangkatan ,saat kita mau berangkat Prakerin agar waktu tersebut tidak terbuang sia-sia.
Lebih memperhatikan para siswa yang akan diberangkatkan agar lebih tertib dan rapi.
Lebih meningkatkan pengawasan terhadap siswa-siswi prakerin agar tidak timbul masalah yang dapat merugikan pihak sekolah.
Agar lebih meningkatkan komunikasi terhadap siswa-siswi prakerin saat akan penjemputan, supaya tidak terjadi kesalahan informasi.
Demikian kesimpulan dan saran yang dapat disampaikan, apabila dalam pembuatan laporan ini ada kata-kata yang tidak berkenan dihati pembaca, mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Serta tidak lupa berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan laporan Prakerin ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Buku
Juklak prakerin 2016/2017
Wawancara dengan manager toserba tiara
Buku
jurnal siswa prakerin 2016/2017
Pelayananprimanina.blogspot.co.id
LAMPIRAN
Surat
keterangan prakerin dengan kop surat, tanda tangan dan stempel asli dari
perusahaan/industry
Biodata
siswa prakerin
Catatan
keungan peserta prakerin
Sumber
dokumen
SURAT KETERANGAN MAGANG
Yang
bertanda tangan di bawah ini selaku Pimpinan/Pembimbing pada Institusi/DU/DI/Instansi UD.
TIARA TOSERBA
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
NAMA : MOCHAMMAD UMAR
No. Induk : 2778/38.121
Kompetensi Keahlian :PEMASARAN
Asal Sekolah : SMK Sunan Drajat Lamongan
Bahwa
yang bersangkutan telah melaksanakan Prakerin selama 3 Bulan terhitung mulai tanggal
Senin,29-08-2016 sampai dengan Kamis,17-11-2016
Demikian Surat Keterangan ini dibuat,
untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Banjaranyar,17
November 2016
PimpinanInstansi/DU/DI
LILIK HIDAYATI S.Pd
BIODATA SISWA PRAKERIN
TAHUN 2016/2017
Nama lengkap :
Mochammad umar
Nama panggilan : Umar
Tempat tanggal lahir :Tuban,
05 Agustus 1999
Jenis kelamin :
Laki-Laki
No. Induk siswa : 2778/38.121
Alamat siswa : Karang Agung, Palang, Tuban
Agama :
ISLAM
Alamat sekolah :Komplek
Pon Pes Sunan Drajat BanjaranyarDesa Banjarwati Kec. Paciran Kab. Lamongan Jawa
Timur Telp. 0322 665412/ 665490
Catatan kesehatan :
Sehat
Golongan darah :
-
Nama Ayah :
Shodikin
Nama ibu kandung : Faridah
Alamat Orang tua/wali : Karang Agung, Palang, Tuban
Nama pembimbing sekolah :
Luqmanul Hakim
Nama pembimbing DU/DI :
Hj Lilik Hidayati,SE
Lamongan, .......................20...
Kepala Sekolah,
Drs.
SARGONO,SE,M.Pd